adapun delapan model penyampaian dan manfaatnya yaitu ;
.Pemerintah-penduduk (Government-to-Citizen, G2C)
Jenis
penyampaian e-government ini menyediakan momentum untuk meletakkan layanan
publik online, terutama melalui penyampaian layanan elektronik untuk menawarkan
informasi dan komunikasi;
2.Penduduk-pemerintah
(Citizen-to-Government, C2G)
Jenis
ini menyediakan momentum untuk meletakkan pelayanan publik online, terutama
melalui penyampaian layanan elektronik untuk pertukaran informasi dan
komunikasi.
3.Pemerintah-bisnis
(Government-to-Business, G2B)
Secara
aktif memandu inisiatif E-transactions seperti e-procurement dan pengembangan suatu pasar
elestronik untuk pemebelian oleh pemerintah; dan melaksanakan tender melalui
elektronik untuk pertukaran informasi dan komoditi;
4.Bisnis-Pemerintah
(Business -to-Government, B2G)
Secara
aktif memandu inisiatif E-transactions seperti
e-procurement dan pengembangan pasar untuk pembelian oleh pemerintah,dan
melaksanakan procurement tenders melalui cara-cara elektronik untuk penjualan
barang dan jasa;
5.Pemerintah-Pegawai
(Government-to-Employee, G2E)
Mengkhususkan kepada
pelayanan yang memberikan fasilitas untuk pengelolaan pegawai negeri dan
komunikasi internal dengan pegawai pemerintah dalam rangka membuat aplikasi
e-career dan sistem tanpa kertas di dalam e-office.
6.Government-to-Government
(G2G)
Menyediakan
kerjasama dan komunikasi online bagi departemen pemerintah atau agen-agen
pemerintah yang didasarkan pada dapur data pemerintah yang besar sehinmgga
mempunyai dampak terhadap efisiensi dan efektivitas. Jenis ini juga meliputi
pertukaran internal dalam infornmasi dan komoditi.
7.Pemerintah-Lembaga
nir-laba ( Government-to-Nonprofit, G2N).
Pemerintah
menyediakan informasui dan komunikasi kepada organisasi nir-laba,
organisasi-organisasi sosial, partai politik, legislatif dll. .
8.Lembaga nir-laba-pemerintah
(Nonprofit-to-Government, N2G)
Manfaat E_GOV
2. meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Government di pemerintahan (bebas KKN).
3. Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi ,relasi,dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakehloldernya untuk keperluan aktifitas sehari-hari.
4. memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan.
5. Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan tren yang ada.
6. Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintahan dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.
7. Penegakan peraturan lalulintas jalan, kartu identitas (KTP),kartu pintar serta aplikasi NFC.
8. Penyampaian-penyampaian layanan pemerintahan berbasis TV dan Radio, fasilitas komunitas online, newsgroup dan electronic mailing list, chat on line, seta teknologi pesan instan.
2.Adapun 6 C unsur sukses e_Goverment yaitu
1. Commitment : Kepentingan orang banyak
2. Content : Isinya berbagai jenis Ilmu Teknologi
3. Connectinity : Jaringannya luas tersebar dimana-mana
4. Competence : Kmampuan untuk public
5. Citizen Interface : Promosikan website kita
6. Capital : Modal yang cukup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar